KANGEN BABEH ANGKRINGAN

Merantau di Yogyakarta sudah tidak asing lagi dengan angkringan. Angkringan itu sangat akrab dikenal oleh masyarakat, terutama di Jawa. Umumnya Angkringan berupa warung tenda sederhana dengan waktu operasi mulai sore hari sampai malam sekitar pukul 01.00 bahkan lebih. Tetapi ada juga angkringan yang buka di siang hari.

Biasanya untuk Encep sendiri yang merantau di Yogyakarta kalau makan selalu di angkringan babeh. Angkringan babeh itu sama seperti angkringan-angkringan lain, bedanya cuma orangnya yang akrab di panggil babeh oleh anak-anak REGES. Reges itu nama suatu kost dimana kost itu yang punya Bapak Handoyo. Hampir semua anak kost REGES itu makannya selalu diangkaringan babeh, orang-orang memanggilnya babeh Pri. Tetapi anak-anak REGES akrab memanggilnya dengan sebutan babeh.

angkringan

Hampir setiap malam selalu mampir di angkringan babeh. Menu paling digemari dari angkringan ini tentu saja adalah Nasi Kucing (yang dalam bahasa Jawa disebut Sego Kucing). Biasanya lauk pauk seperti tempe sambal kering, teri goreng, sate telur puyuh, sate usus, sate ceker, dan ikan bandeng menjadi menu tambahan. Sedangkan untuk minuman, umumnya menjual wedang jahe, susu jahe, es teh manis, es jeruk dan kopi.

Dari kost REGES yang sudah menjadi langganan angkringan babeh itu hampir semuanya, diantaranya, Sulis, Encep, Alfath, Endro, Isya, Tofa, Ibad, Ade dan Ihsan. Dari sekian orang yang paling beda itu adalah Encep. Ia kalau minum es di angkringan babeh itu tidak cukup satu gelas, paling tidak dua atau pun tiga. Apalagi setelah pulang futsal terkadang sampai hambis empat gelas dan ketika pulang pun masih pesan untuk di minum di kost.

Memang aku tidak pernah minum kecuali pake es, mau siang, sore malam bahkan tengah malam pun pasti minumnya es, ujar Encep. Sepertinya tidak ada lho (es) gx rame..hehe..hee…

Terkadang anak-anak REGES itu ada yang jalan kaki, naik sepeda ada juga yang naik motor. Kalau yang sering nyepeda itu ada Sulis, Encep, tofa dan Endro. Babeh angkringan itu sudah seperti keluarga sendri bagi anak-anak REGES. Terkadang jika babeh tidak jualan, atau sakit, anak-anak REGES selalu khawatir untuk menjenguk babeh dan sebelum menjenguk pun mengumpulkan urang terlebih dahulu untuk membeli makanan untk babeh.

Pernah waktu itu tidak jualan karena sakit, sampai-sampai anak-anak REGES jenguk ke rumahnya babeh. Beberapa hari kemudian Alhamdulilah babeh udah berangkat jualan lagi. Tetapi setelah itu babeh tidak jualan lagi karena kakinya bengkak sakit. Kadang jika babeh tidak jualan selalu SMS Encep, begitupula jika babeh mau jualan. Hampir beberapa Minggu tidak jualan babeh. Tak lama ada kabar, Encep pun di SMS babeh katanya babeh sudah mulai jualan lagi.

Malam itu kebetulan hujan, ada hawa males untuk pergi ke angkringan dan di tambah tugas-tugas kampus yang sedang mumet dikerjakan Sulis dan Encep. Ketika asik-asiknya mengerjakan tugas, lampu pun tidak bersahabat, tiba-tiba mati lampu. Tetapi Sulis dan Encep tetap saja mengerjakan tugas walaupun mati lampu.

Sekitar pukul 23.51 perut mereka berdua terasa perih karena belum makan. Encep pun sms Babeh untuk menanyakan apa masih ada makanan atau tidak. Kalau ada mereka langsung pergi ke angkringan. Tak lama jga babeh membalas SMS Encep dan katanya masih ada semua, masih lengkap.

Tak lama mereka berdua pergi ke angkringan babeh meskipun mati lampu bahkan gerimisnya agak besar juga. Karena mereka ingin tahu kabar babeh dan ingin bertemu sekaligus mengisi perut yang sedang kroncongan…hehee..hee..

Padahal di jalan juga gelap karena semua lampu di rumah warga pada mati semua karena sedang mati lampu 🙂  Ketika sampai di angkrignan Encep langsung berjabat tangan dengan babeh  dan menanyakan kabarnya. Setelah itupun dilanjutkan makan sambil ngobrol-ngobrol dengan babeh membahas tema yang sedang panas-panasnya yaitu bola 🙂

Hujan semakin deras dan tak lama lampunya alhamdulilah nyala kembali ketika mereka masih di angkringan. Asik-asiknya ngobrol mereka sampai lupa dengan waktu, ketika lihat watu jam menunjukan pukul 24.30. Tak lama mereka pulang juga dan pamit sama babeh.

Ya semoga babeh diberikan kesehatan oleh Allah dan semoga sakit yang masih dirasa bisa menggugurkan dosa-dosa yang telah dilakukannya… aamiin..

IMG-20130928-00048

Ini foto nasi, gorengan, sate dan es teh di angkringan babeh yang membuat anak-anak REGES kangen 🙂

 

Sahabatmu :
ean

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s