PERTOLONGAN ALLAH PASTI ADA

BISMILLAHBerusaha menjadi orang yang sholeh itu harus. Azan asar berkumandang pun aku pergi ke Masjid dan setelah itu langsung berangkat kuliah. Kebetulan jam kuliah di setiap hari Jum’at itu sor, sehabis asar sampai Maghrib. Tidak semua orang ketika ada jam kuliah di sore hari itu senang, mungkin sehabis sholat Asar itu enaknya santai-santai dan instirahat. Lalu bagaimana supaya tidak males, niatkan saja kuliah itu karena Allah, semua urusan kita di dunia serahkan semuanya kepada Allah. Memang males itu selalu ada dan menghampiri semua manusia. Tinggal bagaimana kita mengatasinya, kalau kita larut dalam kemalasan itu setan akan semakin menggodanya terus. Insyallah teman-temanku semuanya rajin dan diniatkan kuliah itu karena Allah.

Hari itu ketika aku sampai kampus bertemu teman-temanku dan Sulis teman satu kostku, kebetulan dia sudah masuk pelajaran Aljabar Linier sejak pukul 13.00 sampai asar, dan setelah asar sampai Maghrib giliran kelasku. Ketika aku mau naik ke atas menuju kelas, tiba-tiba Sulis bicara kepadaku “Sepedaku nanti bawa pulang ya?”, aku pun menjawab iya nanti Lis, memang kamu mau kemana ?, Sulis menjawab “Mau pergi sama teman, aku pinjam helm mu ya”, ujar Sulis. Aku menjawab ambil saja di kamarku, ini kunci kostnya.

Dari percakapan itu aku sebelumnya ingin sekali santai ketika pulang kuliah dengan jalan kaki menikmati keindahan di sekitar perjalanan, tetapi entah kenapa Sulis menitipkan sepedanya kepadaku untuk dibawa pulang. Aku percaya setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Setalah itu aku pun masuk ke kelas dengan teman-temanku.

– – – – – –  – – – – – –  – – – –

Motocopy meteri kuliah atau soal itu sudah menjadi hal yang biasa untuk seorang siswa ataupun mahasiswa. Hari itu aku baru saja duduk untuk memulai materi kuliah, dosen pun berkata hari ini tidak ada yang perlu di tulis tetapi ada yang perlu di fotocopy yaitu meteri kuliah. Dosen pun menyuruh salah satu mahasiswa untuk memotocopy materinya, tetapi sekitar beberapa detik belum ada yang maju untuk membawa materi yang akan di fotocopy, tak lama aku pun mendekati dosen untuk mengambil materi yang akan di fotocopy itu. Dan meminta teman-teman untuk iuran Rp. 3.000,- untuk biaya fotocopy.

Setelah itu aku pun pergi untuk memotocopy, ketika aku turun tangga aku bertanya-tanya kepada diriku sendiri, apakah fotocopy masih buka jam segini. Aku pun segera pergi ke tempat fotocopy di depan kampusku yang biasanya sudah menjadi langganan. Ketika aku menghampiri tempat fotocopynya, ada orangnya di depannya sedang santai. Aku pun bertanya, “Pa, masih bisa fotocopy disini?”, bapa itu pun menjawab “Sudah mau tutup mas”. Padahal aku tahu tempatnya masih terbuka dan orangnya pun sedang santai-santai di depan dengan teman-temannya. Tapi tidak masalah buatku, aku segera pergi ke dekat lampu merah yang jaraknya lumayan jauh dengan jalan kaki, diperjalanan pun aku penuh harap mudah-mudahan fotocopy yang satu ini masih buka. Aku berdiri agak lama ketika mau nyebrang jalan, karena banyak sekali kendaraan yang lewat. Setelah aku sampai di depan fotocopy aku dikagetkan dengan pintu fotocopy yang tertutup. Aku bingung harus nyari kemana lagi, ada dua pilihan, fotocopy yang dekat jalan mau pulang ke kost dan satu lagi dari arah kampus ke lurus terus. Keduanya sama-sama jauh.

Aku teringat tadi sebelum kuliah Sulis menitipkan sepeda untuk dibawa pulang. Aku pun segera kembali lagi ke kampus untuk mengambil sepeda. Setelah itu aku mengayuh sepeda dengan kecepatan tinggi, karena aku takut dosen dan teman-teman menunggu kelamaan, setelah sampai di tempat fotocopy aku senang karena masih buka. Dan aku pun segera motocopy sampai selesai.

Dari kutiapan tulisan di atas memang terlihat hal yang sangat kecil. Tetapi ketahuilah semua hal yang kita alamai itu terjadi atas izin Allah. Jadi kita harus banyak bersyukur. Karena Allah kita semua sukses. Aamiin..

ean

Leave a Reply

