Hukum Makan Daging Sapi

Soal: Saya pernah mendengar seorang Ustasdz mengatakan bahwa kita harus hati-hati terahadap daging sapi, karena rasulullah صلى الله عليه وسلم melarangnya, yang menjadi ganjalan saya, bukankah nabi صلى الله عليه وسلم sendiri pernah pernha berkurban seekor sapi?, bahkkan secara medis susu sapi termasuk minuman terbaik, juga menjadi obat, untuk berbagai macam penyakit, bagaimana penjelasan yang sebenarnya?

Jawab: Memang ada hadits berupa peringatan rasulullah صلى الله عليه وسلم agar berhati-hati terahadap daging sapi, diantara hadits itu adalah:

Kalian harus (minum) susu sapi karena itu sebagai obat, demikian juga minyaknya adalah ksembuhan, dan hati-hatilah kamu terhadap daging sapi karena itu ada penyakitnya. (HR. al-Hakim 4/404. Thobrbroni dalam al-Kabir 327/1. dan dishahihkan al-Albani dalam as-Shohihah 1943)

Dari hadtis ini kita mengambil beberapa ibroh antaranya:
– Nabi صلى الله عليه وسلم memberi petunjuk kepada umatnya untuk minum susu sapi, karena susu sapi adalah obat, demikian juga minyak sapi dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dalam hadits lain dijelasakan tentang alasanya, seperti dalam sabdanya:
sesungguhnya Allah عزوجل tidak akan ,emurunkan penyakit kecuali menurunkan juga obatnya, maka kamu harus minum susu sapi, karena sapi itu mengumpulkan (makanan) dari semua pepohonan. (HR. al-Hakim dalam Mustadrok 4/403, disetujui adz-Dzahabi, dan dishahihkan oleh al-Albani dalam as-Shohihah 1533 dan 1943)

Hadits ini menerangkan bahwa susu sapi mengandung obat disebabkan asal makanan sapi adalah berbagai macam tumbuh-tumbuhan. Oleh karna itu Ibnul Qoyyim mengatakan bahwa: “Obat-obatan yang palinng mujarab adalah berupa ramuan. (dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan)1
– Nabi صلى الله عليه وسلم memberi peringatan supaya kita berhati-hati terhadap daging sapi, karena daging sapi mengandung penyakit didalamnya. Akan tetapi daging sapi bukan berarti haram dimakan, karena telah sah hadits Nabi صلى الله عليه وسلم bahwasanya beliau pernah berkorban berupa binantang sapi dan beliau memeberikan sebagian dagingnya kepada aisyah (HR. Bukhari 5228), seandainya daging sapi haram, maka Nabi صلى الله عليه وسلم tidak akan melakukan hal terebut, hanya saja kita perlu berhati-hati terahadap daging sapi, dan diantara bentuk kehati-hatian itu adalah tidak terlalu sering menkonsumsi daiging sapi, karena masih banyak daging yang lebih baik dari sapi yaitu kamibng, onta dan lainnya, Wallahu A’lam.

_____________________
1 Dinukil dari at-Tadawi al-Baqor, oleh Syaikh al-Badri Yasin hal. 21.

Disalin dari majalah Al-Fuqon edesi 4 tahun ketujuh/ Dzul Qo’dah 1428 (nov-Des 2007)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s