Bagaimana Hukumnya Memakai Pakaian yang Ada Gambar Hewan atau Manusia?

Pertanyaan :

Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin ditanya : Bagaimana Hukumnya Memakai Pakaian yang Ada Gambar Hewan atau Manusia?

Jawaban:

Tidak boleh hukumnya memakai pakaian yang bergambar hewan atau manusia. Tidak boleh pula memakai benda-benda lainnya yang bergambar manusia dan hewan, karena Nabi Shallallahu Alahi Wa Sallam bersabda bahwa malaikat tidak masuk rumah yang di dalamnya ada gambar. (Ditakhrij oleh Al-Bukhari dalam kitab Al-Libas, bab “Man Karaha Al-Qu’ud ‘Ala Ash-Shuwar”, (5958); dan muslim kitab Al-Libas wa Az-Zinah, bab “Tahrim Tashwir Shurah Al-Hayawan”,(2106)).

Maka dari itu tidak kita dapati seorang pun dari kalangan shahabat yang membuat gambar-gambar untuk kenangan seperti yang mereka katakan. Barangsiapa yang mempunyai gambar (photo) untuk kenangan, maka dia harus menghancurkannya; baik yang telah ditempelkan di dinding atau diletakkan di dalam album dan sebagainya; karena adanya gambar-gambar itu menghalangi masuknya malaikat ke dalam rumah itu. Hadits yang menjelaskan masalah ini adalah hadits yang shahih dari Nabi Shallallahu Alahi Wa Sallam.

Sumber: Syaikh Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, Fatawa arkaanil Islam atau Tuntunan Tanya Jawab Akidah, Shalat, Zakat, Puasa, dan Haji, terj. Munirul Abidin, M.Ag. (Darul Falah 1426 H.), hlm. 178.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s