GODAAN SETAN ITU DIMANA-MANA

1

Menangis, menangis itu biasanya melahirkan perasaan sedih (kecewa, menyesal, dsb) dengan mencucurkan air mata serta mengeluarkan suara (tersedu-sedu, menjerit-jerit). Biasanya yang menangis itu perempuan, tapi tidak kok, kali ini ada sebuah cerita tentang seorang remaja yang baru bangun tidur ia langsung menangis.

Remaja ini bernama Andi, ia ketika bangun tidur menangis karena menyesal dan kecewa, karena ia gagal untuk sholat tahajud dan sholat subuh di Masjid. Ia bangun kesiangan sekitar pukul 06.00. Tapi ketika bangun ia langsung ngambil air wudu dan sholat. Apakah tidak apa-apa sholat subuh jam segitu.

Ya tidak apa-apa karena sholat itu berbeda dengan puasa, kalau puasa itu bisa di qodo kalau sholat itu tidak. Ketika seseorang kesiangan atau telat tidak melakukan sholat tanpa disengaja berarti tebusannya itu saat ia ingat. Seperti kalau ketiduran tebusan sholatnya ketika bangun tidur. Beda hal nya dengan telat sholat yang di sengaja karena melakukan hal-hal yang tidak penting, contohnya seperti main game, duduk-duduk santai dan sebagainya.

Memang main game itu tidak apa-apa dan bersantai-santi itu tidak ada yang ngelarang, namun ketika waktu sholat sudah datang kita harus meninggalkan kesibukan apapun, kita harus mementingkan sholat dulu. Nanti setelah sholat baru dilanjutkan lagi kegiatannya.

Nah untuk Andi sendiri biasanya setiap mau bangun selalu di niatkan untuk sholat malam (tahajud), dan sebelum tidur juga selalu melihat kalender yang siap besoknya di coret tanggal dimana ia melaksanakan sholat tahajud. Tetapi hari itu ia telah gagal melaksanakan sholat tahajud, ia tergoda oleh godaan setan sehingga ia tidur lagi. Bukan ia tidak bangun tapi ia tidur lagi.

Andi ketika malamnya habis sholat isya pergi nemenin temannya untuk membeli perlengkapan motor. Dan pulang sekitar pukul 23.00 sampai kost pun tidak langsung tidur, tidur-tidur sekitar pukul 24.00.

Ketika mau tidur jam alarm pun sudah disiapkan pukul 02.50. Andi merasa cape badan pun pegal-pegal. Pas tidur rasanya nyenyak sekali dan pas jam dimana ia pasang di jam alarm itu bunyi Andi terbangun dengan hati senang, “Alhamdulilah akhirnya bisa bangun”. Tetapi Andi meresa masih agak ngantuk, ia pun tidur lagi sebentar dan berniat untuk bangun kembali.

Setelah ia bangun merasakan tidur yang sebentar itu nyenyak sekali dan nyaman. Pas Andi lihat HP ternyata waktu sudah menunjukan pukul 06.00. Andi sempat tidak percaya ia langsung keluar melihat suasana sudah siang ia langsung lari ke kamar mandi untuk mengambil air wudu lalu sholat subuh. Setelah ia duduk dengan menyesali, merenung dan menangis karena ia gagal untuk sholat tahajud dan sholat subuh di masjid. Ia tergoda lagi oleh setan untuk tidur lagi. Ia berdoa kepada Allah untuk kedepannya berusaha lebih baik lagi dan insyallah tidak mengulanginya lagi.

Memang ketika seseorang mempunyai kebiasaan atau hal yang biasa ia lakukan, seperti sholat tahajud, sholat berjamaah di masjid. Sekali saja ia tidak bisa melakukannya atau ia tinggalkan tanpa sengaja, pasti ia meresakan ada suatu hal yang kurang dalam hidupnya. Sama seperti halnya makan tapi cuma makan nasinya saja.

Jadi ketika sudah bangun langsung pergi ke kamar mandi untuk wudu dan gosok gigi. Supaya menjadi segar kalau bisa mandi dulu. Karena kalau kita sudah bangun tapi tetap tidur-tiduran saja di tempat tidur itu nantinya setan akan menggoda untuk tidur lagi.

Pokoknya sebelum tidur niatkan untuk sholat malam, baik menggunakan alarm atau pun apa, tidak ada alasan untuk tidak sholat. Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan .

Sahabat Abdullah bin salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)

Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Sholat tahajud itu ada keutamaannya, yaitu;
Tentang keutamaan shalat Tahajud tersebut, Rasulullah SAW suatu hari bersabda : “Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan
sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”


Adapun lima keutamaan didunia itu, ialah :
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh
semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan diakhirat, yaitu :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

Untuk teman-teman yang ingin melaksanakan sholat malam mulailah dari hari ini, semasih ada umur mari kita kumpulkan bekal untuk akhirat nanti.

ean

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s