HAL YANG TIDAK PENTING DILAKUKAN

Untuk kelas XII khusunya yang lagi UN (Ujian Nasional), kebanyakan aku lihat banyak yang berdoa di facebook, harusnya berdoa itu tidak usah di facebook langsung saja kepada Allah. Ada yang update “semoga besok dimudahkan” ada juga yang update setelah melaksanakan UN di hari pertama yang katanya sangat sulit. Yang lebih parah lagi ada yang upload foto seorang perempuan, ia memamerkan auratnya di facebook, memperlihatkan kecentilannya dan ada juga yang foto ketika belajar tetapi tidak menutup aurat.

rredOke, untuk semua yang sedang melaksanakan UN, sudah pastinya ingin mendapatkan nilai UN yang bagus bahkan memuaskan. Tidak cukup kalau hanya belajar saja harus di barengi doa. Ketika seseorang berdoa kepada Allah apakah sudah pasti doa itu terkabul ? tidak. Kenapa tidak karena ada juga yang berdoa sangat khusu meminta sesuatu tetapi kelakuan atau tingkah lakunya melanggar apa yang dilarang oleh Allah. Contohnya itu tadi yang mengumbar aurat di facebook. Jangan menganggap enteng ketika ada yang mengumbar aurat di facebook.

Di facebook itu tidak hanya satu atau dua orang saja yang bisa melihat apa yang kita update atau upload. Untuk perempua mengupload foto yang memakai kerudung tetapi tangannya kelihatan sampai ke siku. Itu juga sudah termasuk aurat. Memang tidak semua orang memperhatikan sedikitnya aurat yang di umbar. Tapi asalkan kalian tahu Allah itu maha tahu, mahu hal sekecil apa pun yang dilakukan oleh manusia pasti Allah tahu.

Apalagi untuk saat ini berkembangnya teknologi informasi semakin membuat dunia maya ramai pengunjung. Situs jejaring sosial semisal facebook, twitter, friendster tak pernah sepi pengunjung sebab pemilik akun disana akan terus mengakses. Begitu juga dengan sistus chating seperti Yahoo Messanger, Nimbuzz, Mig33, atau sistus blogging seperti blogger dan wordpress. Memang situs-situs itu memberikan manfaat yang besar, dan tidak bisa diharamkan sebab tidak ada dalil yang mengharamkan. Bahkan dengan situs jejaring sosial kita bisa bersilaturahmi, berdakwah, dan memberikan koreksi pada penguasa zalim.

Namun masalah ditemui ketika banyaknya akun yang menampilkan auratnya di foto-foto. Facebook misalnya, banyak sekali yang mengumbar aurat disana. Ada juga akhwat yang telah berjilbab namun menampakkan foto masa lalunya sebelum berjilbab. Begitu juga yang ikhwan yang meng-upload gambar-gambar yang mempertontonkan aurat.

Memang hukum melihat melihat aurat secara tidak langsung berbeda dengan melihat aurat secara langsung. Namun dampak yang ditimbulkan hampir sama. Sebab orang yang melihat gambar aurat (islam tidak mebedakan porno dan aurat)sangat dimungkinkan akan tergoda untuk melakukan zina. Padahal Allah melarang mendekati zina sekali pun, apakah lagi orang yang menjerumuskan zina?

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk”(QS. Al-Isra : 32)

“Dan janganlah tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran, Dan bertakwalah kamu pada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksanya”(QS. Al- Maidah: 2)

Mempertontonkan atau memberi jalan pada orang lain untuk melihat gambar aurat sama saja menjerumuskan dia pada zina, baik zina besar ataupun paling tidak sudah mendekati zina atau zina kecil. Tidak selayaknya seorang muslim, membuka jalan pada kemaksiatan sebab ada kaedah ushul “menutup semua jalan menuju kemaksiatan”.

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menetapkan pada anak adam zina yang bisa jadi dia mengalaminya, zina mata dengan melihat (yang diharamkan), zina lisan dengan perkataan (yang diharamkan) dimana diri menginginkannya, dan zina kemaluan yang membernarkan itu semua atau mendustainya” (HR. Bukhari)

Maka baik ikhwan ataupun akhwat, kepada setiap kaum muslimin maupun non-muslim agar berhenti dalam mengekspos gambar / foto yang memperlihatkan aurat karena itulah yang merusak mental anak muda. Perbuatan itu akan memberikan gambaran pada anak kecil sebuah kepantasan untuk melakukannya (membuka aurat) sehingga ketika besar jkelak dia tidak mau mengyunakan hijab, akan merusak moral pemuda karena pikirannya teracuni oleh sebab gambar aurat itu. Lihtalah generasi muda bangsa kita saat ini, degradasi moral sudah sangat mengkhawatirkan. Mari kita stop upload gambar aurat mulai dari sekarang juga!!!!

Ketika seseorang mengingnkan sesuatu dengan meminta kepada Allah tetapi tidak dikabulakn juga, itu bisa juga terjadi karena seseorang itu terus mengumbar auratnya ataupun melakukan hal-hal yang jelas sudah dilarang oleh Allah. Wallahu’alam.

Selamatkan generasi muda kita, Allahuakbar!

Semangat bermanfaat!

Jadikan dunia maya sebagai ladang amal kita.

ean

Encep Andi Nugraha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s