TEPAT WAKTU

time-1024x861

Shoat itu harus tepat waktu, memang tidak masalah kalau terlambat juga. Tapi lebih baiknya kan tepat waktu terus sholatnya berjamaah dan dilaksanakan di masjid.

Kebanyakan orang tahu bahwa tepat waktu ketika sholat dilaksanakan pas ketika azan berkumandang. Memang betul. Tetapi lebih tepatnya itu adalah semasih ada waktu untuk sholat itu dinamakan tepat waktu.

Contohnya ketika sholat duhur, sholat duhur ka dilaksanakan dari pukul 12.00 sampai saya katakan 14.00 lah. Itu masih bisa disebut tepat waktu dengan catatan waktu yang terlambat itu memang benar-benar memang tidak bisa di tinggalkan, contohnya ketika ada seminar yang kebetulan terakhir itu sesi tanya jawab yang waktuna memang sampai setengah satu mepet, itu tidak apa. Terus ketika kuliah juga bisa, biasanya jadwal kuliah itu ada yang menabrak waktu sholat ada yang jadwalnya dari setengah sepuluh sampai pukul satu. Itu tidak apa-apa.

Tetapi beda halnya jika waktu yang menabrak duhur itu kita lakukan dengan hal-hal yang tidak berguna, seperti bermain facebook, jalan-jalan dan sebagainya.

Kalau untuk tidur itu tidak apa-apa. Contohny ketika seseorang ketiduran dari pukul 11.00 dan ia bangun sekitar pukul 15.00, otomatis kan ia sudah masuk waktu asar, lalu bagaimana dengan sholat duhurnya ?

Nah kalau seperti itu, ketika ia bangun jangan malah mengeluh gara-gara tidak melaksanakan sholat duhur, tapi harusnya langsung saja ia melaksanakan sholat duhur di waktu itu juga. Karena seseorang yang tidak melaksanakan sholat karena ketiduran, sebagai tebusannya ketika ia ingat. Untuk sholat itu tidak ada qodonya seperti puasa.

Semoga bermanfaat tulisan yang sedikit ini.

ean

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s