YANG LAIN HURA-HURA, AKU TIDAK

Tulisan ini saya tulisa ketika malam tahun baru.

Hari gini tidak merayakan tahun baru, ??? apa kata dunia.

Hmm..mm. Untung aku tidak, kalau aku merayakan tahun baru apa kata Allah nanti.

Apa kita bakalan rugi kalau tidak merayakan tahun baru ? tidak kan, malahan kita rugi kalau merayakan tahun baru, kenapa rugi karena hukum merayakan tahun baru itu hukumnya haram. Perayaan tahun baru Masehi bukan hari raya umat Islam, melainkan hari raya kaum kafir, khususnya kaum Nasrani.

 

     Penetepan 1 Januari sebagai tahun baru yang awalnya diresmikan Kaisar Romawi Julius Caesar pada tahun 46 SM, diresmikan ulang oleh pemimpin tertinggi katolik, yaitu Paus Gregorius XII tahun 1582. Penetapan ini kemudia diadopsi oleh hampir seluruh negera Eropa Barat yang Kristen sebelum mereka mengadopsi kalender Gregorian tahun 1752.

    Di malam tahun baru ini banyak sekali orang merayakannya. Ada yang merayakannya dengan menyalakan kembang api, ada yang hura-hura pesta pora, minum-minuman keras, dan ada juga yang merayakannya dengan pacarnya, sampai ada yang melepas kehormatannya untuk pacar di malam tahun baru ini. Astaghfirullahaladzim.

        Adapun dalil umum yang mengharamkan menyerupai kafir antara lain firman Allah SWT yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu katakana (kepada Muhammad) ‘Raa’ina’ tetapi katakanlah ‘Unzhurna’ dan ‘dengarlah’. Dan bagi orang-orang kafir siksaan yang pedih. “(QS. Al-Baqarah : 104). Imam Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini dengan mengatakan Allah Swt telah melarang orang-orang yang beriman untuk menyerupai orang-orang kafir dalam ucapan dan perbuatan mereka. Karena orang Yahudi menggunakan kata ‘ruu’uunah’ (bodoh sekalu) sebagai ejekan kepada Rasulullah SAW seakan-akan mereka mengucapkan raa’ina’ (perhatikan kami). (Tafsir Ibnu Katsir, 1/149).”

         Berdasarkan dalil-dalil di atas, haram hukumnya seorang muslim merayakan tahun baru, misalnya dengan meniup terompet, menyalakan kembang api, menunggu detik-detik pergantian tahun, memberi ucapan selamat tahun baru, dan sebagainya. Wallahu a’alam..

Saudaraku, alangkah baiknya jika di malam pergantian tahun ini di isi dengan hal-hal yang positif. Mari kita mengevaluasi diri kita masing-masing :

      1.      Berapa banyak dosa yang kita lakukan setahun kebelakang ?

      2.      Sudah berapa amal yang kita keluarkan setahun kebelakang ?

      3.      Sudahkah kita melaksanakan ibadah kepada Allah dengan tepat waktu ?

      4.      Sudah mapukah di tahun ini kita membahagiakan orang tua kita ?

      5.      Sudahkah kita mengahatamkan membaca Al-Qur’an ?

Apakah ada yang berfikir sampai ke-5 poin di atas ?

        Kalau kita di malam tahun baru ini merayakannya dan hura-hura tanpa ada manfaatnya, buat apa coba ? Yang namanya kematian itu kita tidak tahu kapan datangnya, kalau kematian datang ketika kita sedang hura-hura, bercampur baur antara laki-laki dan perempuan, minum-minuman keras, kita sangat merugi. Dan sudah tidak bisa bertaubat lagi.

         Coba kita fikirkan lagi, mending acara malam tahun baru digunakan untuk hal-hal yang posifit, seperti banyak berzikir kepada Allah, membaca buku, berkumpul bersama keluarga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

          Karena bisa jadi di malam tahun baru ini kita hidup terakhir di dunia, atau bisa jadi di tahun 2014 nanti kita menutup usia. Sudahkah kita mempersiapkan diri untuk bertemu dengan-Nya ?  Mari kita tutup lembaran masa lalu satu tahun kebelakang, optimis untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi

          Semoga kita tergolong sebagai orang-orang yang sholeh di mata Allah Swt. Dan kita bisa menjadi orang yang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin, bukan malah membuang waktu dengan sia-sia. Aamiin ..

 

ean

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s