HIDUP ITU PILIHAN

      Diceritakan ada seorang remaja asal Ciamis yang merantau di Yogyakarta, dia bernama Andi, kegiatan dia sehari-hari kuliah. Remaja ini mempunyai pilihan dalam hidupnya dimana remaja itu harus memilih dua pilihan pada saat yang bersamaan. Yang pertama pilihannya adalah suatu hobinya dia dan yang kedua adalah suatu hal yang sudah dianggap wajib bagi dia sendiri. Bahkan kalau Andi tidak melakukan apa yang sudah dia anggap wajib, dia sendir bisa galau.

Apa sih pilihan remaja yang satu ini ??

Kenapa bisa membuat dirinya menjadi galau ?

ketika dia tidak melakukan hal yang dianggap dia wajib.

      Begini ceritanya. Malam Kamis Andi sudah terbiasa mempunyai jadwal Halqoh, yang sudah menjadi habbit  untuk Andi sendiri. Yang membuat galau itu ketika dia tidak halqoh karena musrifnya sedang sibuk atau ada keperluan yang lainnya. Rasanya ada yang kurang kalau satu Minggu tanpa halqoh meskipun di Minggu itu banyak kesenangan yang Andi rasakan.

    Semakin kita sering halqoh  semakin banyak juga ilmu yang kita dapat, terutama yang sering kita lakukan itu tanpa ada beban dan biasa-biasa saja, tapi ketika halqoh semuanya bakal ketahuan mana yang harus dikerjakan,mana yang ditinggalkan, dan mana yang haram dan mana yang hahal. Andi sendiri banyak mengalami perubahan hidup ketika mengenal halqoh.

    Dan pilihan yang termasuk hobinya Andi itu futsal, dia sangat hobi sekali apa yang namanya futsal, apalagi dulu ketika masih SMP dan SMA, Andi sangat hobi apa itu yang namanya sepak bola. Tapi sepak bola pun sekarang ditinggalkan oleh Andi, karena dari halqoh tadi Andi menemukan hal yang dapat mendapatkan dosa ketika bermain sepak bola, terutama pada dirinya sendiri. Kok bisa ? tentu bisa dari sepak bola itu sendiri sudah pasti pemain menggunakan celana pendek, terkadang malah ada yang di atas lutut. Lutut keatas itu sedah termasuk aurat, dan tidak boleh mengumbarnya dengan sengaja, memang masih bisa memakai celana panjang, tapi Andi sendiri mendingan berhenti karena ada hal yang lebih penting untuk kedepannya. memang kalau seseorang yang sudah sangat sangat hobi sama sepak bola susah untuk melepasnya. Dan masih banyak hal lagi yang dapat mendatangkan dosa. Kenapa Andi bisa, karena Andi takut dosa, dan tidak mau melakukan dosa terus menerus di samping itu juga Andi sudah berniat tidak bermain sepak bola lagi, dia ingin mencapai apa yang dia inginkan melalui kuliah.

     Futsal ? untuk futsal Andi masih sering bermain, terkadang satu atau dua Minggu sekali Andi futsal. Bertujuan untuk berolahraga dan ketika Andi futsal biasanya malam dan disamping itu melihat situasi yang tidak terlalu ramai perempuan meliahatnya.

     Ketika itu Andi bimbang, dia mau memilih futsal, tapi ada jadwal halqoh. Temannya Andi mengajak futsal dimalam itu juga dan dijam yang bersamaan sama jadwal halqoh. Tadinya Andi sudah sms musrifnya karena tidak bisa datang, musrifnya pun bilang tidak apa-apa.

      Tapi setelah beberapa menit Andi bilang tidak jadi berangkat halqoh dia terdiam di depan komputer merenung rasanya ada yang kurang malam ini, apa benar aku tidak berangkat untuk halqoh malam ini, apa kata Allah nanti kalau aku sekarang berangkat futsal dan meninggalkan halqoh, ujar Andi. Dia berpikir berulang-ulang dan akhirnya dia memutuskan untuk halqoh. Rasanya lebih penting urusan akherat di banding urusan dunia.

Jadi mulai sekarang selagi kita masih bisa bernafas, selagi masih ada kesempatan. Pergunakanlah sisa hidup kita di dunia yang sementara ini untuk beribadah kepada Allah Swt.

 

ean

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s